Tips Membuat Paket Sembako Mudah dan Cantik

Bisnis Intermezzo

Sembako atau sembilan bahan pokok merupakan bahan dasar pangan kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa bahan pangan tersebut diantaranya bahan yang mengandung karbohidrat seperti beras, sumber protein seperti daging, telur dan ikan, serta bumbu dapur. Anda bisa mengkombinasikan bahan-bahan tersebut untuk membuat paket sembako.

Beberapa Langkah untuk Membuat Paket Sembako

Saat ini sembako dapat dikemas dalam bentuk paket. Dimana paket sembako tersebut dapat dijadikan sebagai parcel atau hantaran kepada sanak keluarga dan teman serta dapat dijadikan sebagai paket bantuan kepada orang yang membutuhkan. Berikut ini adalah tips membuat paket sembako mudah dan cantik yang bisa Anda contoh sebagai referensi.

1. Menentukan Tema untuk Paket Sembako

Pemilihan tema untuk paket sembako menjadi langkah awal untuk mempermudah kita dalam menyusun isi yang akan diletakkan ke dalam paket. Tema paket sembako juga dapat mempercantik paket Anda, karena Anda bisa menyelaraskan warna serta memilih produk apa saja yang akan dikemas sesuai dengan tema paket sembako Anda.

Tema dapat disesuaikan dengan hari-hari besar, ini dapat mempermudah Anda dalam memilih pernak-pernik yang sesuai dengan tema tersebut. Jika untuk hadiah Anda dapat menyesuaikan dengan kesukaan si penerima, sehingga tak hanya cantik namun paket sembako Anda memberikan nilai tersendiri bagi si penerima paket.

2. Menentukan Isi Paket

Dalam menentukan isi paket, Anda dapat mengkategorikan produk sesuai dengan tema yang telah Anda buat sebelumnya. Hal ini dapat mempermudah Anda dalam memilih produk apa saja yang akan dikemas dalam paket sembako Anda. Tidak hanya makanan, kategori lain berupa benda juga bisa Anda kemas bersama paket. Misalnya pakaian atau buku.

Selanjutnya, pilihlah beberapa produk sembako yang tahan lama misalnya beras, minyak goreng, tepung. Pemilihan ini dimaksudkan sebagai bentuk antisipasi jika paket yang ada kirim mengalami delay saat pengiriman atau penerima paket akan mengonsumsinya dalam waktu lama.

Selain bahan makanan pokok, mungkin Anda juga dapat memberikan snack kedalam paket sembako Anda. Snack atau makanan ringan juga dapat mengisi atau hanya sekedar pengganjal perut. Tak hanya itu, snack juga diminati oleh semua kalangan, baik anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua. Tentunya pemilihan snack juga perlu disesuaikan.

3. Menentukan Desain Paket

Tentukan terlebih dahulu desain untuk paket sembako Anda. Pengemasan paket sembako dapat menggunakan keranjang parcel atau mengemasnya menggunakan kardus. Kemudian Anda juga perlu menyesuaikan ukuran kemasan untuk paket sembako Anda dengan isi yang telah Anda pilih.

Tambahkan aksesoris sebagai pelengkap serta dapat menambah keindahan untuk paket sembako Anda, seperti pita, dan kartu ucapan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan keamanan kemasan paket sembako Anda. Jika paket sembako akan dikirim, Anda bisa menambahkan bubble wrap agar produk tidak hancur dan susunannya tetap rapi.

4. Membuat List Harga

Hal terakhir yang Anda lakukan selanjutnya yakni membuat list harga untuk kebutuhan paket sembako Anda. Hal ini juga dapat sebagai bahan evaluasi jika paket sembako melebihi dari budget yang Anda miliki. Anda bisa mengganti produk lain namun masih sesuai dengan tema paket sembako Anda atau mengurangi ukuran dari produk yang Anda pilih.

Itulah tips untuk membuat paket sembako yang mudah dan cantik. Dengan membuat daftar produk serta harga yang jelas, Anda dapat membuat paket sembako tanpa khawatir menguras lebih kantong Anda. Selain itu, keselarasan warna, kemasan yang rapi dalam paket sembako Anda tentunya dapat menambah nilai estetika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *